Peningkatan Pengetahuan Gizi Siswa melalui Program REMAJA BISMART dengan Edukasi Gizi Seimbang dan Permainan NutriDart di SMP Muhammadiyah 9 Semarang

Vol. 2 No.1 (2025) : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT MERDEKA MEMBANGUN NEGERI (ABDIMERKA)

Authors

  • Imelda Alvi Naurien Amalia Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Nabilla Istha Rosaida Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Yohana Gabriella Wicahyana Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Nisrina Mahfudhah Hamidah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Utami Harjantini Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Dwi Astuti Puskesmas Mangkang, Dinas Kesehatan Kota Semarang
  • Yessi Annisa Sari Puskesmas Mangkang, Dinas Kesehatan Kota Semarang

DOI:

https://doi.org/10.54832/abdimerka.v2i1.709

Keywords:

Gizi Seimbang, Edukasi Gizi, Remaja, NutriDart.

Abstract

Abstrak. Program REMAJA BISMART dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 9 Semarang untuk meningkatkan pengetahuan gizi dan kesadaran pentingnya gizi seimbang pada remaja. Kegiatan meliputi pengukuran antropometri, senam, edukasi gizi, dan permainan NutriDart. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan perbandingan nilai pre test-post test. Penilaian pre test-post test pengetahuan siswa didapatkan setelah pemberian edukasi gizi seimbang dan permainan edukatif NutriDart. Hasil menunjukkan peningkatan rata-rata nilai pengetahuan siswa dari 53,57% menjadi 97,86%. Siswa juga menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti kegiatan. Program ini efektif meningkatkan pengetahuan dan perilaku gizi seimbang pada remaja.

Downloads

Published

2025-12-12

How to Cite

Imelda, Nabilla, Yohana, Nisrina, Harjantini, U., Dwi, & Yessi. (2025). Peningkatan Pengetahuan Gizi Siswa melalui Program REMAJA BISMART dengan Edukasi Gizi Seimbang dan Permainan NutriDart di SMP Muhammadiyah 9 Semarang: Vol. 2 No.1 (2025) : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT MERDEKA MEMBANGUN NEGERI (ABDIMERKA). Jurnal Pengabdian Masyarakat Merdeka Membangun Negeri, 2(1), 11–21. https://doi.org/10.54832/abdimerka.v2i1.709

Issue

Section

Articles