https://jurnal.stikesbanyuwangi.ac.id/index.php/judimas/issue/feedJurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS)2025-10-15T07:46:28+00:00Roudlotun Nurul Lailiuut@stikesbanyuwangi.ac.idOpen Journal Systems<p> Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS) publishes twice a year, in January and July. This is a peer review journal that publishes articles on the results of community service published by STIKes Banyuwangi Research and Community Service Center. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS) is published online in Indonesian and English.</p>https://jurnal.stikesbanyuwangi.ac.id/index.php/judimas/article/view/651Pelatihan Microsoft Word Sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Digital Siswa Di SMK Ibrahimy 1 Sukorejo2025-07-05T00:38:39+00:00Muhammad Nazril Irhammuhnazrilirham9@gmail.comZaehol Fatahzaeholfatah@gmail.com<p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah berkembang di segala bidang. Oleh karena itu, Penguasaan TIK merupakan kebutuhan pokok dalam menghadapi era globalisasi, salah satunya yaitu komputer dan perangkat lunak Microsoft Word. Perangkat lunak Microsoft Word sangat penting digunakan dalam mendokumentasikan secara digital, khususnya dalam hal yang berbentuk teks. Dengan penggunaan yang semakin banyak diminati oleh berbagai macam kalangan, terutama dalam dunia kerja dan pendidikan. Berkembangnya Software Microsoft Word tiap tahunnya dapat membuat peserta didik kesulitan untuk mengikuti perkembangannya. Dalam hal pengolah kata, adanya perangkat lunak Microsoft Word dapat memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. SMK Ibrahimy 1 Sukorejo merupakan sekolah kejuruan di bawah naungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. Oleh karena itu, diadakanlah kegiatan Pengabdian Masyarakat di SMK Ibrahimy 1 Sukorejo yang dibentuk dengan konsep pelatihan Microsoft Word agar dapat meningkatkan kompetensi digital dan pengetahuan tentang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi siswa SMK Ibrahimy 1 Sukorejo.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Pengabdian Masyarakat, Pelatihan, Microsoft Word.</p>2025-07-15T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Muhammad Nazril Irham, Zaehol Fatahhttps://jurnal.stikesbanyuwangi.ac.id/index.php/judimas/article/view/535Profil Kadar Gula Darah, Kolesterol dan Asam Urat pada Pemeriksaan Kesehatan di STIKES Banyuwangi2025-05-13T03:09:04+00:00Elita Mawarnilitaendah36@gmail.comYulifah Salistia BudiYulifah@gmail.comRibut HaryonoRibut@gmail.com<p>Penyakit yang tidak menular atau biasa disebut dengan PTM termasuk diabetes, asam urat, dan hiperkolesterol saat ini telah menjadi ancaman serius. Pemeriksaan kesehatan rutin dilengkapi dengan konsultasi kesehatan adalah salah satu upaya dini yang bisa dilakukan untuk mencegah risiko penyakit tersebut. Penyakit gula darah, kolesterol dan asam urat adalah beberapa contoh penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat sehingga menjadi alasan untuk memilih jenis penyakit tersebut untuk diperiksa. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengenali masalah kesehatan, mengatasi masalah kesehatan yang dihadapinya, serta memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk pemeriksaan kesehatan secara gratis guna memudahkan masyarakat dalam menjaga kesehatan sekaligus menggambarkan profil kadar gula darah, kolesterol dan asam urat. Pengukuran langsung kepada sasaran pengabdian disertai konsultasi kesehatan berupa penjelasan hasil, tanya jawab terkait dengan penyakit merupakan metode dalam kegiatan ini. Pengabdian ini dilakukan di STIKES Banyuwangi dengan jumlah sampel 10 orang. Hasil pemeriksaan kesehatan diperoleh kadar kolesterol normal 8 orang (80%) dan kadar kolesterol tinggi sebanyak 2 orang (20%). Sedangkan dari hasil pemeriksaan asam urat didapatkan hasil kadar asam urat normal sebanyak 3 orang (30%) dan kadar asam urat tinggi sebesar 7 orang (70%). Pada pemeriksaan gula darah diperoleh hasil sebanyak 10 orang (100%) memiliki kadar gula darah normal. Berdasarkan hasil kegiatan ini, beberapa peserta memiliki kadar asam urat dan kolesterol tinggi. Tim pengabdian merekomendasikan mereka untuk memeriksakan diri ke klinik/puskesmas terdekat, meningkatkan konsumsi sayur dan buah, serta rutin melakukan aktifitas fisik.</p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><strong><em>:</em></strong> <em>kolesterol, gula darah, asam urat, pemeriksaan kesehatan</em></p>2025-07-15T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Elita Mawarni, Yulifah Salistia Budi, Ribut Haryonohttps://jurnal.stikesbanyuwangi.ac.id/index.php/judimas/article/view/655Pendampingan Panen Tanaman Kenaf Pada Budidaya Tanaman Kenaf Di Desa Suradadi Kabupaten Tegal2025-07-11T02:22:46+00:00Sari Wiyantisaridysa0604@gmail.comNiken Wahyu Cahyaningtyasniken@gmail.comSri Murdiatimurdiati@gmail.comYuni Utamiyuni@gmail.comYuniarti Herwinarniyuniarti@gmail.comFaiz Irsyad Prasetyofaiz@gmail.comMuhammad Siddik Erdi Wicaksonosiddik@gmail.comBaihaqi Fananifanani@gmail.com<p><em>Most people in Suradadi Village have a low level of education, especially the farmers. This can be seen from the cropping pattern of agricultural land that has been passed down from generation to generation only to plant rice and corn, then the land is left abandoned after entering the dry season. The mentoring activity aims to assist in optimizing dry land utilized for kenaf plants as an alternative crop. This community service activity program is not only on planting kenaf seeds but also assisting maintenance until harvest. The method of this activity goes through several stages, namely determining the theme, literature study, briefing, implementing activities and preparing the final report. Because kenaf plants are still unfamiliar and not yet known by farmers, in the implementation of this assistance activity, after the seedling period is in the plant maintenance period by checking the suitability of the age of 100 days with the growth of kenaf plants and checking the growth of flowers and the release of kenaf plant fruit at the age of 120-150 days. Briefing activities regarding the equipment needed and harvesting procedures. The equipment needed is only machetes and sickles to cut plant stems and immediately separate the stems, leaves and fruit of kenaf plants.</em></p> <p> </p>2025-07-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Sari Wiyanti, Niken Wahyu Cahyaningtyas, Sri Murdiati, Yuni Utami, Yuniarti Herwinarni, Faiz Irsyad Prasetyo, Muhammad Siddik Erdi Wicaksono, Baihaqi Fananihttps://jurnal.stikesbanyuwangi.ac.id/index.php/judimas/article/view/657Edukasi Kesehatan Tentang Pencegahan Diabetes Melitus Bagi Masyarakat Di Kelurahan Bungkutoko, Kota Kendari, Indonesia 2025-07-11T02:34:35+00:00Nurmiaty Hamzahhnurmiaty@gmail.comSartiah Yusrans.yusran@uho.ac.idHasmawatiCemmarudi84@gmail.comJamal Saripajamalsaripa40@gmail.comSyamsiah TSyamsiahtcia@gmail.comSalsabila Rosyasalsabilarosya@gmail.comChintya Mulia F Laode HibaliChintyahibali@icloud.com<p>Diabetes mellitus adalah gangguan metabolisme kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah, yang dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada sistem kardiovaskular, vaskular, okular, renal, dan neural dalam jangka panjang. Menurut data Riskesdas 2018, prevalensi diabetes mellitus di Provinsi Sulawesi Tenggara mencapai 1,30% pada penduduk berusia 15 tahun ke atas. Aktivitas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pencegahan diabetes mellitus di Kelurahan Bungkutoko. Metode kegiatan ini berupa penyuluhan melalui tekhnik ceramah dengan sasaran kegiatan ibu-ibu usia pra lansia dan lansia. Peserta dilakukan pengukuran tekanan darah dan test gula darah. Sebelum intervensi, peserta diberikan pre-test untuk mengukur tingkat pengetahuan awal mereka dan setelah penyuluhan, dilakukan post-test untuk menilai perubahan pengetahuan. Hasil kegiatan menunjukkan perbedaan signifikan dalam tingkat pengetahuan responden yang diukur melalui pre-test dan post-test. Uji T Statistic menghasilkan p-value 0,000, yang menunjukkan signifikansi statistik (p < 0,05), dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 47,33 dan post-test sebesar 62,00. Temuan ini menegaskan efektivitas penyuluhan mengenai pencegahan diabetes mellitus dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat di Kelurahan Bungkutoko.</p>2025-07-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Nurmiaty Hamzah, Sartiah Yusran, Hasmawati, Jamal Saripa, Syamsiah T, Salsabila Rosya, Chintya Mulia F Laode Hibalihttps://jurnal.stikesbanyuwangi.ac.id/index.php/judimas/article/view/662Sosialisasi Terkait Pengetahuan Resistensi Antibiotika pada Pemuda Karang Taruna di Kelurahan Sobo, Banyuwangi2025-07-17T01:26:13+00:00Anung Kustriyanianung@stikesbanyuwangi.ac.idAbi Mas UdiantoAbi@gmail.comAzmi PrasastiAzmi@gmail.comStephanie Devi ArtemisiaStephanie@gmail.comDita Amanda DevianiDita@gmail.comTitis SriyantiTitis@gmail.comSari PrayudeniSariP@gmail.comFarhan GymnastiarFarhan@gmail.comRiyona Damarisha FridaytiwiRiyona@gmail.com<p><em>Resistensi antibiotika adalah suatu kondisi ketika bakteri kebal terhadap antibiotika yang digunakan untuk membunuh bakteri tersebut. Penyebabkan adalah penggunaan antibiotika yang tidak rasional misalnya pembelian obat antibiotika tanpa resep dokter dan penyembuhan penyakit yang diakibatkan virus dan jamur. Hal ini membuat penggunaan antibiotika menjadi tidak efektif untuk mengatasi infeksi bakteri. Pengabdian Masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan sosialisasi mengenai resistensi antibiotika dengan sasaran yaitu pemuda pemudi karang taruna. Metode yang digunakan adalah dengan menyampaikan materi, diskusi dan tanya jawab serta pemberian soal pre dan posttest. Hasil dari kegiatan ini adalah terdapat materi dapat disampaikan dengan baik kepada semua peserta. Setiap peserta yang hadir aktif mengikuti kegiatan hingga selesai dan mengajukan pertanyaan terkait materi yang disampaikan. Hasil penilaian pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan rerata nilai pretest dan posttest pada 20 peserta yaitu 77 menjadi 90. Diharapkan pengetahuan yang telah diperoleh dapat disebarluaskan kepada masyarakat sekitar pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh karang taruna. Kesimpulannya adalah pengetahuan peserta pengabdian masyarakat mengalami peningkatan dibandingkan sebelum kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan. </em></p>2025-08-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Anung Kustriyani, Abi Mas Udianto, Azmi Prasasti, Stephanie Devi Artemisia, Dita Amanda Deviani, Titis Sriyanti, Sari Prayudeni, Farhan Gymnastiar, Riyona Damarisha Fridaytiwihttps://jurnal.stikesbanyuwangi.ac.id/index.php/judimas/article/view/613Trauma Healing Pasca-Banjir: Penguatan Psikososial Siswa Sekolah Dasar di Desa Tambak Ukir, Situbondo2025-05-09T08:19:30+00:00Ervia Togaervia.toga84@gmail.comAchmad Efendiachmad89360@gmail.comFransiska Erna Damayantinerssiska@gmail.comDian Roshantihumas@stikesbanyuwangi.ac.id<p><em>Natural disasters, such as floods, frequently strike East Java, and particularly in Tambak Ukir Village, Situbondo, have a significant impact on the mental health of children, especially elementary school students. The trauma experienced from these disasters disrupts their psychosocial development, potentially hindering their learning processes and social interactions. This community service activity was conducted in the affected area in collaboration with the Student Disaster Preparedness Unit of Stikes Banyuwangi and Rumah Zakat Banyuwangi Volunteers, focusing on restoring the students' mental well-being. The method involved providing information and education, presented through games, to help them recover from the trauma of the disaster they experienced. The program aimed to increase the students' mental resilience, reduce trauma symptoms, and create a safer learning environment. Psychosocial support through trauma healing is crucial for recovery from traumatic experiences and building a better future. This community service project is expected to contribute to developing educational and mental health policies in disaster-prone areas. The implications of this project are significant, highlighting how structured psychosocial interventions can help children overcome disaster-related trauma. In conclusion, this trauma healing program represents a vital step in building the psychological resilience of children in post-disaster situations.</em></p>2025-08-02T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Ervia Toga, Achmad Efendi, Fransiska Erna Damayanti, Dian Roshantihttps://jurnal.stikesbanyuwangi.ac.id/index.php/judimas/article/view/659Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Kelas 6 SDN Kadunenggang Desa Sukamanah Kec. Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya mengenai Bahaya Merokok2025-07-17T01:20:13+00:00Chita Widiachitawidia@universitas-bth.ac.idNizar Abdul Halimnizarabdulhalim17@gmail.comEli Kurniasihelikurniasih@universitas-bth.ac.id<p>Masa remaja merupakan fase transisi penting dari anak-anak menuju dewasa,yang mecakup rentang usia 10-18 tahun. pada usia ini cenderung sangat di pengaruhi oleh teman sebaya sehingga hal ini memainkan peranan penting dalam membentuk perilaku dan kegiatan mereka. WHO menyatakan bahwa sekitar 30% dari total perokok di dunia adalah remaja, hal ini menunjukkan bahwa remaja merupakan kelompok yang cukup besar dalam populasi perokok global. Hal tersebut menjadi latar belakang terselenggaranya kegiatan ini. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2025 di SDN Kadunenggang Sukamanah Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya.Tujuan kegiatan ini untuk memberikan manfaat berupa peningkatan pemahaman lebih dalam tentang dampak negatif merokok terhadap kesehatan, sehingga siswa bisa menghindari kebiasaan merokok sejak dini dan membentuk gaya hidup sehat. Penyuluhan pentingnya pengetahuan bahaya tentang merokok merupakan langkah preventif untuk menghindari kebiasaan merokok dan masalah kesehatan di masa depan. Tingkat pengetahuan siswa dengan kriteria baik bertambah 1 orang siswa dan 1 orang siswa berada dalam kriteria tingkat pengetahuan cukup setelah dilakukan penyuluhan . Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penggunaan alat peraga dalam penyuluhan ini menjadi daya tarik membantu sasaran untuk lebih antusias dalam mengikuti kegiatan. Pengetahuan sasaran menunjukkan peningkatan hal ini dapat terlihat dari perolehan nilai post test.</p> <h3> </h3>2025-08-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Chita Widia, Nizar Abdul Halim, Eli Kurniasihhttps://jurnal.stikesbanyuwangi.ac.id/index.php/judimas/article/view/625Penyuluhan Hygiene Sanitasi Dan K3 Pada Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Gula Jawa Dan Krupuk Di Dusun Clebung Gunung Tahun 20252025-05-28T09:13:04+00:00Fitria Indah Hikmawatifitriaindahhikmawati@gmail.comHuzzi Izzatul Azzizahhuzzizza@gmail.comNaila Mauhibatul Muhjanailamuhja21@gmail.comIbnu Aldi Pratamaaldiibnu07@gmail.comZalma Wahyu Rahmawatizalmawahyurahmawati@gmail.comPermata Setia Ayusdinipermata@gmail.comIsnaini Rizqahbimariska06@gmail.comSarjito Eko Windarsowindiarsa@gmail.com<p>Penyuluhan higiene sanitasi dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sangat penting bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bidang industri makanan, seperti produksi gula jawa dan kerupuk. Kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan praktik higiene sanitasi dan K3 di kalangan pelaku UMKM di Dusun Clebung Gunung. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini antara lain edukasi melalui penyuluhan, pelatihan penggunaan alat pelindung diri (APD), dan pemberian leaflet sebagai media informasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebelum dilakukan penyuluhan, praktik higiene sanitasi masih rendah, seperti penggunaan alat produksi yang kurang higienis, kurangnya penggunaan APD, dan minimnya pemahaman tentang bahaya K3. Setelah dilakukan intervensi, terjadi peningkatan kesadaran dan penerapan higiene sanitasi dan K3 yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk dan keselamatan pekerja. Penerapan higiene sanitasi dan K3 yang baik berpotensi meningkatkan kepercayaan konsumen dan memperluas pasar UMKM di bidang pangan.</p> <p><em>Kata Kunci: Higiene Sanitasi, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), UMKM</em></p>2025-08-18T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Fitria Indah Hikmawati, Huzzi Izzatul Azzizah, Naila Mauhibatul Muhja, Ibnu Aldi Pratama, Zalma Wahyu Rahmawati, Permata Setia Ayusdini, Isnaini Rizqah, Sarjito Eko Windarsohttps://jurnal.stikesbanyuwangi.ac.id/index.php/judimas/article/view/664Peningkatan Literasi Teknologi Siswa DKV Melalui Pelatihan Instalasi Windows 10 Berbasis VirtualBox di SMK Ibrahimy 1 Sukorejo 2025-07-20T07:39:01+00:00Sukiman Eki Putraekiputrasukiman@gmail.comDzakwan Rohmatul Hanifalhanf36@gmail.comZaehol Fatahzaeholfatah@gmail.com<h3>Banyak dari siswa SMK Ibrahimy 1 Sukorejo, terutama siswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), sudah terbiasa menggunakan komputer atau laptop saat belajar. Banyak dari mereka, bagaimanapun, tidak memiliki pengetahuan dasar tentang perawatan komputer, atau bagaimana menangani masalah ringan seperti virus, kesalahan sistem operasi, atau kesalahan penggunaan. Namun, keterampilan ini sangat penting agar mereka dapat menangani masalah secara mandiri. Akibatnya, sebagai mahasiswa, kami ingin memberikan pengetahuan dan keterampilan kami kepada siswa SMK Ibrahimy 1 Sukorejo, terutama tentang cara menginstal sistem operasi Windows secara mandiri. Pengabdian ini dilakukan melalui penyediaan materi langsung dan instruksi tentang cara menginstal Windows 10 menggunakan aplikasi VirtualBox. Kami mengadakan praktik dan sesi diskusi untuk siswa bertanya dan memahami materi dengan lebih baik.Kami memberikan pertanyaan sederhana yang berkaitan dengan materi yang disampaikan untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa beberapa siswa mampu memahami dan mempraktikkan prosedur instalasi Windows 10. Dengan kegiatan ini, kami berharap siswa SMK Ibrahimy 1 Sukorejo dapat memahami keterampilan dasar dalam memperbaiki dan merawat computer/laptop mereka sendiri, mulai dari instalasi sistem operasi, pemasangan software pendukung, dan penyelesaian masalah ringan.</h3> <h3>Kata Kunci: Instalasi Windows, VirtualBox, Perawatan Komputer, Desain Komunikasi Visual, Pengabdian Masyarakat</h3>2025-08-18T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Sukiman Eki Putra, Dzakwan Rohmatul Hanif, Zaehol Fatahhttps://jurnal.stikesbanyuwangi.ac.id/index.php/judimas/article/view/683Edukasi P3K Pada Kasus Tersedak Pada Wali Murid Di Pos Paud Tunas Jati Desa Kedungjati Kecamatan Sempor 2025-08-11T03:32:04+00:00Eni Indrayanieni.indrayani29@gmail.comEka Novyriana1stnovyriana@gmail.comJuni Sofianajunotvanilla@gmail.comKhulasohKhulasoh2018@gmail.com.id<p><em>Tunas Jati Paud Pos, Kedungjati Village, Sempor District, is one of the Pauds in a mountainous area far from the district town center.</em><em>This community service activity was carried out to improve the understanding and skills of parents at Tunas Jati Early Childhood Education Post in managing choking.This activity began with initial socialization and discussions with partners and preparation of infrastructure. The material is provided through socialization or counseling methods and choking demonstrations.Monitoring and evaluation of activities is seen from three indicators including input, process and output indicators.In terms of input, this activity was successful as planned and was attended by 30 participants who were parents of Pos Paud Tunas Jati students.Judging from the process indicators, participants appeared enthusiastic about participating in all activities from start to finish.This activity also succeeded in fulfilling the output indicators with the majority of activity participants (>90%) successfully answering all post-test questions correctly.It is hoped that all participants will be able to apply the knowledge and skills gained through the activity and independently disseminate the material to other residents.</em></p>2025-08-18T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Eni Indrayani, Eka Novyriana, Juni Sofiana, Khulasohhttps://jurnal.stikesbanyuwangi.ac.id/index.php/judimas/article/view/647Integritas Pendidikan Agama Islam dan Ekonomi Syariah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Masyarakat Melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Rusun Jatinegara Kaum2025-06-25T08:16:43+00:00Rizal Lupianarizallupiana123@gmail.comAgung Putra Pujiantoagung@gmail.comAmanda Oktaviaamanda@gmail.comGina Marisagina@gmail.comRivaldirivaldi@gmail.comKhalifatul Jaddatainkhalifatul@gmail.comLinda Amanahlinda@gmail.comRizka Khairranirizka@gmail.comSiti Sunawatisunawati@gmail.comVivin Melizavivin@gmail.com<p>Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Permasalahan yang dihadapi di Rusun Jatinegara Kaum antara lain rendahnya partisipasi anak-anak dalam pendidikan agama, tidak aktifnya taman baca, minimnya keterlibatan remaja dalam kegiatan sosial, serta kurangnya pelatihan ekonomi untuk ibu-ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan KKN dengan pendekatan partisipatif yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kualitas pendidikan agama Islam. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara informal selama kegiatan berlangsung. Kegiatan utama meliputi revitalisasi taman baca, penguatan TPQ, pelatihan keterampilan, seminar UMKM, serta kegiatan keagamaan dan olahraga bagi anak-anak dan remaja. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam partisipasi masyarakat, khususnya anak-anak dan ibu-ibu, serta terciptanya hubungan sosial yang lebih erat antarblok. Kegiatan ini juga membentuk karakter mahasiswa dalam hal kepedulian sosial, komunikasi, dan kolaborasi. Program KKN terbukti menjadi sarana efektif dalam menyelesaikan permasalahan sosial di lingkungan permukiman vertikal dan dapat dijadikan model pengabdian berkelanjutan berbasis nilai-nilai keislaman.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> Kuliah Kerja Nyata, pemberdayaan masyarakat, pendidikan agama Islam, partisipasi warga</p>2025-09-06T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Rizal Lupiana, Agung Putra Pujianto, Amanda Oktavia, Gina Marisa, Rivaldi, Khalifatul Jaddatain, Linda Amanah, Rizka Khairrani, Siti Sunawati, Vivin Melizahttps://jurnal.stikesbanyuwangi.ac.id/index.php/judimas/article/view/700Sosialisasi Tips dan Trik Membuat Pembelajaran Matematika yang Dianggap Membosankan Menjadi Lebih Inovatif di MIS Darul Mustofa, Jember2025-10-15T07:46:28+00:00Muhlisatul Mahmudahmaxlisa742@gmail.comTri Novita Irawatinovita@gmail.comMely Agustin Reni PitasariAgustin@gmail.comDwi Septy Arifannahsepty@gmail.comLinda Sri Wahyuniwahyuni@gmail.comNajhan Khoirunnisanajhan@gmail.com<p>Mathematics is often considered a difficult subject, full of formulas, and boring. This stigma affects students' motivation and engagement in the learning process. This community service activity aims to educate teachers and students about various innovative strategies that can be used to make mathematics learning more enjoyable through the use of interactive digital media. The implementation methods include interactive lectures, hands-on practice with applications (Kahoot, Quizizz, Mentimeter, Spin Wheel, and Gimkit), and reflection sessions. The results of the activities show positive changes: teachers gain new perspectives for creative teaching, while students show enthusiasm, courage to participate, and a reduced fear of mathematics. Thus, it can be concluded that the application of digital innovations in mathematics learning not only enhances learning motivation but also creates a more vibrant classroom atmosphere, interactive and meaningful.</p>2025-11-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Muhlisatul Mahmudah, Tri Novita Irawati, Mely Agustin Reni Pitasari, Dwi Septy Arifannah, Linda Sri Wahyuni, Najhan Khoirunnisahttps://jurnal.stikesbanyuwangi.ac.id/index.php/judimas/article/view/575Membangun Jiwa PEKA (Produktif, Edukatif, Kooperatif, Adaptif) melalui Program KKN di Rusun PIK Pulogadung2025-01-30T06:20:06+00:00Amana Rohmaamanarohma17@gmail.comNirmalanirmala2655@gmail.comMohammad Alwialawimuhamad@gmail.comAde Fajarade.fajar@gmail.comDzakwandzakwan1969@gmail.comDiana Fauziyah213106700027@mhs.uic.ac.idAchmad Rizky Putra213106700031@mhs.uic.ac.idInsan Kamil213105700003@mhs.uic.ac.idZahra Qotrun Nada213106100004@mhs.uic.ac.idFauzan Verdianto213106700008@mhs.uic.ac.idKeissha Valda Tursida213106700003@mhs.uic.ac.idAllifya Nurrizqiana213106700035@mhs.uic.ac.idMuhamad Akbar Dimassyah233106707002@mhs.uic.ac.id<p><em>Devotion to the community through a real work lecture (KKN) is one form of student contribution to overcoming the problems in the community. This study aims to examine the role of KKN in building sensitive souls (productive, educative, cooperative, adaptive) in Pik Pub Pub Rusun. The method used in this study is observation. KKN students participated in socialization activities, training of artwork, BTQ, healthy gymnastics, numerated literacy, seminars on early marriage and Islamic banking, futsal tournament, fun game (traditional game), Islamic competition (Azan, MHQ, Islamic puzzle, and coloring calligraphy), and badminton. The results showed that through KKN, KKN students can take advantage of the potential received during college by applying it in the community, so that it can ducto in and help resolve the problems that exist in the community, through students to get speech and participation from the very good community of programs implemented, and through KKN community can increase productive, educative, cooperative, and adaptive.</em></p>2025-11-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Amana Rohma, Nirmala, Mohammad Alwi, Ade Fajar, Dzakwan, Diana Fauziyah, Achmad Rizky Putra, Insan Kamil, Zahra Qotrun Nada, Fauzan Verdianto, Keissha Valda Tursida, Allifya Nurrizqiana, Muhamad Akbar Dimassyah