Edukasi Kegawatdaruratan Dan Bantuan Hidup Dasar Di Pondok Pesantren Al-Kamal Blitar

Authors

  • Manggar Purwacaraka STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia
  • Farida STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia
  • Rio Ady Erwansyah STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia
  • Ria Anggraini STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia
  • Aesthetica Islamy STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia
  • Intan Munawaroh STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia
  • Shulhan Arief Hidayat STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia
  • Ossi Dwi Prasetio STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54832/jhics.v4i1.538

Keywords:

Kegawatdaruratan, Bantuan Hidup Dasar, Edukasi, Resusitasi Jantung Paru (RJP)

Abstract

Latar Belakang: Kegawatdaruratan dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk di lingkungan pesantren, sehingga pendidikan kesehatan, khususnya Bantuan Hidup Dasar (BHD), sangat penting. Tujuan : Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan santri Pondok Pesantren Al-Kamal Blitar dalam memberikan pertolongan pertama pada situasi darurat. Metode: Partisipatory Action Research (PAR), yang melibatkan santri secara aktif dalam pelatihan teoretis dan praktis, termasuk Resusitasi Jantung Paru (RJP), pembidaian, dan teknik transportasi pasien. Hasil: pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan santri, dengan rata-rata nilai naik dari 69 menjadi 74 setelah edukasi. Program ini meningkatkan kesiapan santri dalam menghadapi kegawatdaruratan serta memperkuat peran pesantren dalam penanggulangan keadaan darurat. Implikasi dari program ini adalah perlunya pelatihan berkelanjutan dan pengembangan kurikulum kesehatan di pesantren, untuk mempersiapkan seluruh komunitas pesantren dalam menangani situasi darurat. Kesimpulan: program edukasi BHD efektif dalam meningkatkan keterampilan dan kesadaran santri, serta dapat menjadi langkah awal dalam memperkuat kesiapsiagaan pesantren dalam menghadapi kegawatdaruratan.

References

Chaidir, R., Rahmadani, T., Fitrina, Y., & Suparman, J. (2024). Pengetahuan tentang Bantuan Hidup Dasar ( BHD ) pada Anggota Satuan Polisi Pamong Praja ( SATPOL PP ) di Bukittinggi. 1(2), 1–8.

Chalil, M. J. A., & Nopa, I. (2020). Penyuluhan dan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Implementa Husada, 1(1), 77–83. https://doi.org/10.30596/jih.v1i1.4571

Farilya, M., & Utami, S. (2023). Effectiveness Simulation Methods of Basic Life Support ( BLS ) Cardiac Arrest On Students ’ Skills and Self-Efficacy. II(1).

Hady, J., Hariani, & Sudirman. (2019). Metode Simulasi Kegawatdaruratan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Dalam Penanganan Kegawatdaruratan Pada SMP Negeri 2 Galesong. Jurnal Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar, 10(2), 85–91.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer.

Khayudina, B. A., Sugiyarto, & Umardino. (2024). Efektivitas Edukasi Kesehatan dalam Pengendalian Kadar Kolesterol terhadap Pengetahuan dan Pencegahan Penyakit Jantung pada Masyarakat Mojosongo Surakarta. Journal of Health Innovation and Community Service, 3(2), 199–204.

Nuralamsyah, M., & Nasir, M. (2024). Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) Pada Kelompok Masyarakat Di Kelurahan Lompoe Kecamatan Bacukiki Kota Parepare. 5(2), 154–159.

Rudiyanto, R., Oktaviani, R., & Ariyani, A. D. (2021). Efek Video Simulasi Bencana Terhadap Peningkatan Kesiapsiagaan dan Pengetahuan Firts Aid Bencana Tsunami Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai, 14(1), 38–47. https://doi.org/10.26630/jkm.v14i1.2666

Sari, M. N., Chrisanto, E. Y., & Isnainy, U. C. A. S. (2021). Pengaruh simulasi pelatihan bantuan hidup dasar (BHD) terhadap pengetahuan dan motivasi siswa tentang penanganan kejadian kecelakaan lalu lintas. Holistik Jurnal Kesehatan, 15(3), 507–517. https://doi.org/10.33024/hjk.v15i3.4754

Sumartini, N. P., Salsabila, W., & Purnamawati, D. (2021). Pengaruh Edukasi Dengan Video Tutorial Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Siswa Dalam Melakukan Basic Life Support Di Pondok Pesantren Nurul Ilmi Ranggagata. Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal), 3(2), 20. https://doi.org/10.32807/jkt.v3i2.196

Tsao, C. W., Aday, A. W., Almarzooq, Z. I., Alonso, A., Beaton, A. Z., Bittencourt, M. S., Boehme, A. K., Buxton, A. E., Carson, A. P., Commodore-Mensah, Y., Elkind, M. S. V., Evenson, K. R., Eze-Nliam, C., Ferguson, J. F., Generoso, G., Ho, J. E., Kalani, R., Khan, S. S., Kissela, B. M., … Martin, S. S. (2022). Heart Disease and Stroke Statistics-2022 Update: A Report from the American Heart Association. In AHA Journal (Vol. 145, Issue 8). https://doi.org/10.1161/CIR.0000000000001052

Downloads

Published

2025-01-08

How to Cite

Purwacaraka, M., Farida, F., Erwansyah, R. A., Anggraini, R., Islamy, A. ., Munawaroh, I. ., Hidayat, S. A., & Prasetio, O. D. . (2025). Edukasi Kegawatdaruratan Dan Bantuan Hidup Dasar Di Pondok Pesantren Al-Kamal Blitar. Journal of Health Innovation and Community Service, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.54832/jhics.v4i1.538