Students’ Critical Thinking Aspects in Writing Background of the Problem in Thesis

Authors

  • Refna Wati STKIP Yayasan Abdi Pendidikan
  • Dwi Settya Mahaputri STKIP Yayasan Abdi Pendidikan
  • Fadilla Taslim STKIP Yayasan Abdi Pendidikan

DOI:

https://doi.org/10.54832/jupe2.v2i2.276

Keywords:

Latar Belakang Masalah; Berfikir Kritis; Menulis; Deskriptif Kuantitatif

Abstract

Latar belakang masalah didalam sebuah skripsi dimaksudkan untuk menjelaskan alasan mengapa masalah dalam penelitian ingin diteliti, pentingnya permasalahan  dan pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut baik dari sisi teoritis dan praktis. Dalam menulis latar belakang masalah dalam sebuah skripsi, berpikir kritis sangat diperlukan. Dalam penelitian ini, peneliti focus menganalisis aspek berpikir kritis (focus, supporting reasons, reasoning, organization, conventions, and integration)  yang diterapkan oleh siswa dalam menulis latar belakang masalah di skripsi.  Hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai aspek berpikir kritis mahasiswa dalam menulis latar belakang masalah dalam skripisi yang ditulis oleh mahasiswa program Bahasa Inggris di STKIP Yayasan Abdi Pendidikan yang lulus pada tahun akademik 2020/2021 adalah 64.4 yang dikategorikan sebagai unclear category.  Dengan nilai yang didapat pada setiap aspek adalah 70.4 untuk aspek focus dengan kategory clear enough, 60.6 untuk aspek  supporting reason dengan categori unclear; 54.5 untuk aspek reasoning dengan kategori unclear ; 69.7 untuk aspek organization dengan kategori clear enough ; 66.7 untuk aspek convention dengan kategori clear enough dan  61.3 untuk aspek integration dengan kategori unclear.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Wati, R., Mahaputri, D. S., & Taslim, F. (2024). Students’ Critical Thinking Aspects in Writing Background of the Problem in Thesis. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2), 2(2), 235–241. https://doi.org/10.54832/jupe2.v2i2.276

Issue

Section

Articles