Pembelajaran Berbasis Riset Sebagai Upaya Meningkatkan Pengalaman Belajar dan Keterampilan Meneliti bagi Mahasiswa pada Mata Kuliah Geografi Kebencanaan
DOI:
https://doi.org/10.54832/jupe2.v2i2.376Keywords:
Pembelajaran Berbasis Riset, Pengalaman Belajar, Keterampilan Meneliti, Geografi KebencanaanAbstract
Pembelajaran Geografi Kebencanaan secara konvensional menyebabkan penurunan semangat belajar bagi mahasiswa pendidikan geografi. Selain itu, mata kuliah metodologi penelitian yang disampaikan secara teoritis tidak cukup memberikan pemahaman dan keterampilan mahasiswa tentang penelitian, sehingga diperlukan tambahan pengalaman meneliti melalui kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis riset sebagai upaya meningkatkan pengalaman belajar dan keterampilan meneliti bagi mahasiswa pada mata kuliah Geografi Kebencanaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif model Milles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan pembelajaran berbasis riset pada mata kuliah geografi kebencanaan mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar yang menarik dan menantang bagi mereka, selain itu dari hasil analisis dokumen proyek penelitian, mahasiswa sudah mampu memahami dan terampil dalam menerapkan kaidah-kaidah dasar penelitian kualitatif.