Pembelajaran Berbasis Riset Sebagai Upaya Meningkatkan Pengalaman Belajar dan Keterampilan Meneliti bagi Mahasiswa pada Mata Kuliah Geografi Kebencanaan

Authors

  • Hasrul Hadi Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.54832/jupe2.v2i2.376

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Riset, Pengalaman Belajar, Keterampilan Meneliti, Geografi Kebencanaan

Abstract

Pembelajaran Geografi Kebencanaan secara konvensional menyebabkan penurunan semangat belajar bagi mahasiswa pendidikan geografi. Selain itu, mata kuliah metodologi penelitian yang disampaikan secara teoritis tidak cukup memberikan pemahaman dan keterampilan mahasiswa tentang penelitian, sehingga diperlukan tambahan pengalaman meneliti melalui kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis riset sebagai upaya meningkatkan pengalaman belajar dan keterampilan meneliti bagi mahasiswa pada mata kuliah Geografi Kebencanaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif model Milles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan pembelajaran berbasis riset pada mata kuliah geografi kebencanaan mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar yang menarik dan menantang bagi mereka, selain itu dari hasil analisis dokumen proyek penelitian, mahasiswa sudah mampu memahami dan terampil dalam menerapkan kaidah-kaidah dasar penelitian kualitatif. 

Downloads

Published

2024-07-14

How to Cite

Hadi, H. (2024). Pembelajaran Berbasis Riset Sebagai Upaya Meningkatkan Pengalaman Belajar dan Keterampilan Meneliti bagi Mahasiswa pada Mata Kuliah Geografi Kebencanaan. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2), 2(2), 404–420. https://doi.org/10.54832/jupe2.v2i2.376

Issue

Section

Articles