Pendampingan Pembelajaran Melalui Media Flash Card Untuk Meningkatkan Pemahaman Bahasa Inggris Siswa Kelas 7 SMP Negeri 1 Bangilan Tuban

Authors

  • Sri Lestari Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ro’ifah
  • Hana Furaida

DOI:

https://doi.org/10.54832/judimas.v1i2.156

Keywords:

Kata Kunci: flash card, bahasa inggris, pembelajaran

Abstract

Pengabdian masyarakat di SMP Negeri 1 Bangilan terletak di Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban dilakukan kepada siswa kelas 7A sampai 7F  selama bulan November-Desember. Setelah dilakukan pengamatan pada proses pembelajaran, penyampain materi masih dilakukan secara konvensional oleh guru. Selain itu, belum ada media pembelajaran yang tepat yang dapat mendukung ketercapaian pemahaman siswa. Tujuan pengabdian ini adalah pendampingan penggunaan media pembelajaran flashcard untuk meningkatkan keterpahaman siswa terhadap materi seperti date, time, dan numbers. Pengabdian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu : (1) persiapan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi. Tahap persiapan di antaranya obserbasi situasi kelas, mempersiapkan RPP, dan media pembelajaran melalui flashcard. Kemudian, pada tahap pelaksanaan tim melaksanakan pendampingan pengajaran, pre-test, dan post-test. Monitoring dan evaluasi pelaksanaan dilakukan pada pertengahan dan akhir pengabdian. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai pada materi time, date, dan numbers dari nilai rata-rata pre-test 75 menjadi 81 pada post-test. Siswa juga merespon positif pada media yang ada karena membuat mereka menjadi lebih tertarik terhadap pembelajaran.

 

Downloads

Published

2023-07-18

How to Cite

Lestari, S., Ro’ifah, & Hana Furaida. (2023). Pendampingan Pembelajaran Melalui Media Flash Card Untuk Meningkatkan Pemahaman Bahasa Inggris Siswa Kelas 7 SMP Negeri 1 Bangilan Tuban. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS), 1(2), 208–213. https://doi.org/10.54832/judimas.v1i2.156

Issue

Section

Articles