Pendampingan Pembelajaran Melalui Media Flash Card Untuk Meningkatkan Pemahaman Bahasa Inggris Siswa Kelas 7 SMP Negeri 1 Bangilan Tuban
DOI:
https://doi.org/10.54832/judimas.v1i2.156Keywords:
Kata Kunci: flash card, bahasa inggris, pembelajaranAbstract
Pengabdian masyarakat di SMP Negeri 1 Bangilan terletak di Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban dilakukan kepada siswa kelas 7A sampai 7F selama bulan November-Desember. Setelah dilakukan pengamatan pada proses pembelajaran, penyampain materi masih dilakukan secara konvensional oleh guru. Selain itu, belum ada media pembelajaran yang tepat yang dapat mendukung ketercapaian pemahaman siswa. Tujuan pengabdian ini adalah pendampingan penggunaan media pembelajaran flashcard untuk meningkatkan keterpahaman siswa terhadap materi seperti date, time, dan numbers. Pengabdian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu : (1) persiapan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi. Tahap persiapan di antaranya obserbasi situasi kelas, mempersiapkan RPP, dan media pembelajaran melalui flashcard. Kemudian, pada tahap pelaksanaan tim melaksanakan pendampingan pengajaran, pre-test, dan post-test. Monitoring dan evaluasi pelaksanaan dilakukan pada pertengahan dan akhir pengabdian. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai pada materi time, date, dan numbers dari nilai rata-rata pre-test 75 menjadi 81 pada post-test. Siswa juga merespon positif pada media yang ada karena membuat mereka menjadi lebih tertarik terhadap pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sri Lestari, Ro’ifah, Hana Furaida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.