Effective Promotion: Pemanfaatan Media Sosial Pada Pengembangan UMKM Kuliner Kolyaki di Desa Kedungboto
DOI:
https://doi.org/10.54832/judimas.v2i1.211Keywords:
Media Sosial, Promosi, UMKM, Kuliner, Kolyaki, Pelatihan Digital Marketing, EkonomiAbstract
Kuliner memiliki peran yang sangat penting bagi Ekonomi dan Pariwisata. Dan juga penggunaan sosial media sebagai media promosi juga berkembang sangat massif. Hasil dari pengabdian masyarakat yang dilakukan di Desa Kedungboto untuk mempromosikan Kuliner Kolyaki dengan memanfaatkan media sosial dipaparkan dalam artikel ini. Salah satu kuliner yang sedang dikembangkan desa ini adalah takoyaki dengan isian kol sawah yang disebut kolyaki. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ekonomi desa dengan menggunakan media sosial sebagai alat promosi. Selama pengabdian, warag desa Kedungboto telah mendapatkan pelatihan digital marketing untuk meningkatkan penggunaan media sosial. Dalam konteks ini, warga desa Kedungboto menerima pelatihan digital marketing yang mencakup pengenalan sosial media dan pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Selain itu, Pre-test dan Post-test dilakukan untuk mengevaluasi pengetahuan dan kemampuan Warga desa Kedungboto dalam promosi digital. Penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial dapat membantu pertumbuhan ekonomi desa, meningkatkan ekonomi pengusaha UMKM dan popularitas produk Kolyaki.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eva Amalijah, Zida Wahyuddin, Helmi Ardiansah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.