Peningkatan Literasi Teknologi Siswa DKV Melalui Pelatihan Instalasi Windows 10 Berbasis VirtualBox di SMK Ibrahimy 1 Sukorejo

Authors

  • Sukiman Eki Putra universitas ibrahimy
  • Dzakwan Rohmatul Hanif
  • Zaehol Fatah

DOI:

https://doi.org/10.54832/judimas.v4i1.664

Abstract

Banyak dari siswa SMK Ibrahimy 1 Sukorejo, terutama siswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), sudah terbiasa menggunakan komputer atau laptop saat belajar. Banyak dari mereka, bagaimanapun, tidak memiliki pengetahuan dasar tentang perawatan komputer, atau bagaimana menangani masalah ringan seperti virus, kesalahan sistem operasi, atau kesalahan penggunaan. Namun, keterampilan ini sangat penting agar mereka dapat menangani masalah secara mandiri. Akibatnya, sebagai mahasiswa, kami ingin memberikan pengetahuan dan keterampilan kami kepada siswa SMK Ibrahimy 1 Sukorejo, terutama tentang cara menginstal sistem operasi Windows secara mandiri. Pengabdian ini dilakukan melalui penyediaan materi langsung dan instruksi tentang cara menginstal Windows 10 menggunakan aplikasi VirtualBox. Kami mengadakan praktik dan sesi diskusi untuk siswa bertanya dan memahami materi dengan lebih baik.Kami memberikan pertanyaan sederhana yang berkaitan dengan materi yang disampaikan untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa beberapa siswa mampu memahami dan mempraktikkan prosedur instalasi Windows 10. Dengan kegiatan ini, kami berharap siswa SMK Ibrahimy 1 Sukorejo dapat memahami keterampilan dasar dalam memperbaiki dan merawat computer/laptop mereka sendiri, mulai dari instalasi sistem operasi, pemasangan software pendukung, dan penyelesaian masalah ringan. Kata Kunci: Instalasi Windows, VirtualBox, Perawatan Komputer, Desain Komunikasi Visual,  Pengabdian Masyarakat

Downloads

Published

2025-08-18

How to Cite

Sukiman Eki Putra, Dzakwan Rohmatul Hanif, & Zaehol Fatah. (2025). Peningkatan Literasi Teknologi Siswa DKV Melalui Pelatihan Instalasi Windows 10 Berbasis VirtualBox di SMK Ibrahimy 1 Sukorejo . Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS), 4(1), 94–103. https://doi.org/10.54832/judimas.v4i1.664