Penguatan Kosakata Bahasa Inggris Keislaman Pada Siswa MA HI Melalui Lirik Lagu Religi Berbahasa Inggris

Authors

  • Zaitun Qamariah IAIN Palangka Raya
  • Hesty Widiastuty IAIN Palangka Raya
  • Ayu Sundari IAIN Palangka Raya
  • Rizki Hasanah IAIN Palangka Raya
  • Fatma IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.54832/judimas.v2i1.224

Keywords:

Belajar, Kosa Kata Bahasa Inggris, Keagamaan, Kahoot

Abstract

Bahasa Inggris memegang peran krusial dalam konteks pendidikan modern, namun integrasi antara kosakata Bahasa Inggris dengan nilai-nilai keislaman dalam pendidikan Islam seringkali menjadi tantangan. Artikel ini mengeksplorasi pemanfaatan lirik lagu religi berbahasa Inggris sebagai strategi inovatif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris sekaligus mempertahankan nilai-nilai keislaman di lingkungan pendidikan Islam. Metode pembelajaran yang digunakan adalah pendampingan belajar dengan penekanan pada praktik, menggunakan platform interaktif Kahoot! Hasil pengabdian mengajar ini dilakukan di MA Hidayatul Insan Palangka Raya menunjukkan peningkatan minat belajar dan penguasaan kosakata Bahasa Inggris, terutama yang terkait dengan nilai-nilai keislaman, serta meningkatnya keterampilan mendengar dan berbicara dalam Bahasa Inggris melalui musik. Pendekatan ini menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, memotivasi peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2023-12-06

How to Cite

Qamariah, Z., Widiastuty, H., Sundari, A., Hasanah, R., & Fatma. (2023). Penguatan Kosakata Bahasa Inggris Keislaman Pada Siswa MA HI Melalui Lirik Lagu Religi Berbahasa Inggris. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS), 2(1), 120–129. https://doi.org/10.54832/judimas.v2i1.224