Pengembangan Soal Matematika Berorientasi AKM Numerasi pada Konten Geometri
DOI:
https://doi.org/10.54832/judimas.v3i2.481Keywords:
Pengembangan Soal Matematika, AKM Numerasi, GeometriAbstract
Tingkat pecapaian siswa di Indonesia dalam literasi matematika pada Programme for International Student Assessment yang masih rendah menjadi permasalahan dalam dunia pendidikan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah telah menetapkan pemberlakuan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai pengganti pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Sebagai upaya untuk mendukung kesiapan sekolah dalam menghadapi pemberlakuan AKM, maka perlu adanya pendampingan pengembangan soal-soal matematika yang berorientasi AKM. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pengembangan soal-soal matematika konten geometri yang berorientasi AKM berdasarkan proses kognitif dan konteks sosial pada AKM. Subjek dalam pengabdian ini adalah 10 guru matematika SMP Muhammadiyah di kecamatan Kartasura. Metode partisipatif digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini, dimana peserta dapat memperhatikan, mempraktekkan secara langsung, dan mengajukan pertanyaan dari materi yang disampaikan. Hasil dari pelatihan ini adalah guru-guru dapat mengembangkan soal geometri yang berorientasi AKM berdasarkan proses kognitif dan konteks sosial.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rini Setyaningsih, Isnaeni Umi Machromah, Nida Sri Utami, Syiva Isfalania Khoerunnisa’

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.