Pengembangan Soal Matematika Berorientasi AKM Numerasi pada Konten Geometri

Authors

  • Rini Setyaningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Isnaeni Umi Machromah
  • Nida Sri Utami
  • Syiva Isfalania Khoerunnisa’

DOI:

https://doi.org/10.54832/judimas.v3i2.481

Keywords:

Pengembangan Soal Matematika, AKM Numerasi, Geometri

Abstract

Tingkat pecapaian siswa di Indonesia dalam literasi matematika pada Programme for International Student Assessment yang masih rendah menjadi permasalahan dalam dunia pendidikan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah telah menetapkan pemberlakuan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai pengganti pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Sebagai upaya untuk mendukung kesiapan sekolah dalam menghadapi pemberlakuan AKM, maka perlu adanya pendampingan pengembangan soal-soal matematika yang berorientasi AKM. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pengembangan soal-soal matematika konten geometri yang berorientasi AKM berdasarkan proses kognitif dan konteks sosial pada AKM. Subjek dalam pengabdian ini adalah 10 guru matematika SMP Muhammadiyah di kecamatan Kartasura. Metode partisipatif digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini, dimana peserta dapat memperhatikan, mempraktekkan secara langsung, dan mengajukan pertanyaan dari materi yang disampaikan. Hasil dari pelatihan ini adalah guru-guru dapat mengembangkan soal geometri yang berorientasi AKM berdasarkan proses kognitif dan konteks sosial.

Downloads

Published

2025-02-02

How to Cite

Setyaningsih, R., Isnaeni Umi Machromah, Nida Sri Utami, & Syiva Isfalania Khoerunnisa’. (2025). Pengembangan Soal Matematika Berorientasi AKM Numerasi pada Konten Geometri. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS), 3(2), 88–95. https://doi.org/10.54832/judimas.v3i2.481