Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Kelas 3 Sekolah Perkumpulan Mandiri Melalui Penggunaan Metode Plan, Do, Study, Act

Authors

  • Fredericka Krisma Setyatami STIKS Tarakanita

DOI:

https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i1.100

Keywords:

Act, Do, Keterampilan Menulis, Plan, Study

Abstract

Keberhasilan siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar-mengajar di sekolah seringkali diukur melalui kemampuan menulis mereka. Pentingnya kemampuan menulis juga terlihat dari kenyataan saat ini ketika orang tua mendaftarkan anaknya masuk Sekolah Dasar (SD), maka salah satu persyaratan yang harus dipenuhi pada saat seleksi penerimaan siswa baru adalah menulis. Melihat kenyataan tersebut, kemampuan menulis merupakan keterampilan dasar yang wajib dikuasai oleh peserta didik pada tingkat pendidikan dasar saat ini. Sekolah Perkumpulan Mandiri berusaha untuk memampukan siswa-siswanya menjadi penulis yang terlatih sejak dini. Salah satu metode yang digunakan adalah dengan menggunakan siklus PDSA (Plan, Do, Study, Act). Metode ini mengajarkan siswa untuk secara bertahap menjalani proses menulis dan memperbaiki tulisan. Melalui lembar observasi dan lembar kerja, semua kegiatan penelitian tercatat secara rinci. Tes awal dan tes akhir dilakukan untuk memperoleh data yang diperlukan guna mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswa. Dalam penelitian ini terlihat bahwa pembelajaran dengan metode ini mampu meningkatkan keterampilan menulis pada siswa secara keseluruhan.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Fredericka Krisma Setyatami. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Kelas 3 Sekolah Perkumpulan Mandiri Melalui Penggunaan Metode Plan, Do, Study, Act. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2), 1(1), 79–94. https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i1.100