Penggunaan Mind Mapping dalam Pengajaran Bahasa Inggris di STKIP Yapis Dompu
DOI:
https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.140Keywords:
Bahasa Inggris;Mind Mapping; Mengajar;Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan mind mapping dalam mengajar bahasa Inggris di STKIP Yapis Dompu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif qualitatif. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester II pada Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan kuesioner. Hasil observasi menunjukkan bahwa penggunaan mind mapping dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait dengan materi bahasa inggris. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa sangat setuju bahwa penggunaan mind mapping dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris, dapat memperluas ide-ide dalam membuat presentasi materi bahasa inggris, dan dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam belajar bahasa inggris. Oleh karena itu, mind mapping dapat dijadikan sebagai salah satu teknik dalam pengajaran bahasa inggris.