Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.142Keywords:
Model TGT, Hasil Belajar Siswa.Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan adanya peningkatan hasill belajar menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Team Geames Tournament (TGT) pada mata pelajaran praktikum akuntansi perusahaan jasa. Dalam studi kasus ini yang dijadikan sampel adalah kelas XI SMK PGRI Jatibarang Kabupaten Indramayu tahun 2021-2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experiment. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang dikumpulkan dengan bantuan kuisioner. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 57 siswa SMK PGRI Jatibarang Kabupaten Indramayu. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan cara statistik. Adapun statistik yang digunakan adalah Uji t. kemudian Berdasarkan hasil analisis yang didapat terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol, hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai post test experiment sebesar 82,39, dan Kelas kontrol sebesar 73,00. Dan perolehan perhitungan Nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,59 dan kelas kontrol sebesar 0,42. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Times Games Tournament (TGT) dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional.