Peran Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa SD Negeri 04 Dompu Tahun Pembelajaran 2020/2021

Authors

  • Mulya Yusnarti STKIP Yapis Dompu
  • Leni Marlina
  • Iham
  • Ainun Daniaty Annisah
  • Aris Toteles
  • Nunung Hendriani

DOI:

https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.158

Keywords:

Keterampilan Menulis Puisi, Media Gambar

Abstract

Media dapat diartikan sebagai alat bantu yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guru dalam mencapai tujuan pengajaran. Oleh karena itu media pengajaran lebih dikenal dengan sebutan alat bantu pengajaran atau alat peraga. Media Gambar adalah suatu media visual yang hanya bisa dilihat saja, akan tetapi tidak mempunyai unsur audio atau suara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran media gambar terhadap keterampilan menulis puisi siswa tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang berkaitan dengan kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi di lapangan penelitian. Penelitian ini berlokasi di SD Negeri 04 Dompu. Berdasarkan  hasil dan pembahasan pada pembelajaran menulis puisi dengan media gambar di SD Negeri 04 Dompu Bahwa dengan adanya media gambar di pembelajaran menulis puisi dapat meningkatkan semangat belajar siswa khususnya dalam hal menulis, karena siswa dapat mengembangkan gagasan, ide, pendapat dan imajinasi untuk bercerita. Dengan menggunakan media gambar siswa akan lebih mudah menemukan kosa kata dan mengungkapkan isi gambar ke dalam bentuk tulisan.

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Mulya Yusnarti, Leni Marlina, Iham, Ainun Daniaty Annisah, Aris Toteles, & Nunung Hendriani. (2023). Peran Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa SD Negeri 04 Dompu Tahun Pembelajaran 2020/2021. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2), 1(2), 172–184. https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.158

Issue

Section

Articles