The Effect of Spelling Bee Games on The Students’ Achievement in English Vocabulary Mastery

Authors

  • Wahyu Windasari Universitas Islam Jember
  • Imam Ghozali Universitas Islam Jember
  • Fatih Al Fauzi Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.160

Keywords:

Permainan Spelling Bee; Penguasaan Kosa Kata

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan Spelling Bee terhadap penguasaan kosakata siswa di kelas tujuh SMP Raudlatut Tholabah Wal'Ulum Jawa Timur, Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2020-2021 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Berbagai masalah yang menjadi kendala dalam proses pembelajaran bahasa Inggris, antara lain kurangnya kosakata yang mereka miliki, membaca dan melafalkan setiap kata dalam bahasa Inggris, lemahnya daya ingat dalam menghafal kosakata, dan kurangnya fasilitas yang memadai untuk kebutuhan sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen kuasi. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, nilai siswa meningkat secara signifikan setelah diberi perlakuan di kelas Eksperimen dengan menggunakan permainan Spelling Bee. Permainan Spelling Bee berguna untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Sebagai hasilnya, ditemukan bahwa pengajaran kosakata menggunakan permainan Spelling Bee dapat membantu siswa dalam meningkatkan kreasi kosakata mereka. Setelah menerima perlakuan, mayoritas siswa mengalami peningkatan nilai.

Downloads

Published

2023-07-22

How to Cite

Windasari, W., Ghozali, I., & Al Fauzi, F. (2023). The Effect of Spelling Bee Games on The Students’ Achievement in English Vocabulary Mastery. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2), 1(2), 185–191. https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.160

Issue

Section

Articles