Pembelajaran STEM dalam Meningkatkan Keterampilan 4C pada Abad 21

Authors

  • Novitasari Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
  • Indah Riezky Pratiwi Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
  • Elisa Mayang Sari Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.165

Keywords:

Keterampilan 4C; STEM

Abstract

Studi litelatur yang membahas STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dan keterampilan 4C pada abad 21 serta relasi diantara keduanya dalam pembelajaran bertujuan untuk melihat seberapa jauh peranan STEM dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan 4C pada abad 21. Kajian ini dilakukan dengan dua cara, yaitu mengkaji litelatur tentang STEM dan Keterampilan 4C dan  jurnal penelitian tentang pembelajaran STEM untuk meningkatkan keterampilan 4C. Hasil kajian diperoleh beberapa informasi, antara lain 1) STEM adalah sebuah pendekatan pembelajaran dimana materi yang dipelajari dikaitkan dari segi kajian ilmiah, teknologi, desain, dan matematika, 2) Keterampilan 4C adalah keterampilan yang dilihat dari empat kemampuan, yaitu kreatif, kritis, komunikasi, dan kolaborasi dimana keempat kemampuan tersebut merupakan kemampuan yang diperlukan untuk beradaptasi dan siap menghadapi tantangan dunia kerja pada abad 21, 3) Pendekatan STEM menjadi sebuah jembatan bagi peserta didik dalam pembelajaran untuk menumbuhkembangkan keterampilan 4C.

Downloads

Published

2023-07-22

How to Cite

Novitasari, Pratiwi, I. R., & Sari, E. M. (2023). Pembelajaran STEM dalam Meningkatkan Keterampilan 4C pada Abad 21. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2), 1(2), 217–224. https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.165

Issue

Section

Articles