Pembelajaran STEM dalam Meningkatkan Keterampilan 4C pada Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.165Keywords:
Keterampilan 4C; STEMAbstract
Studi litelatur yang membahas STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dan keterampilan 4C pada abad 21 serta relasi diantara keduanya dalam pembelajaran bertujuan untuk melihat seberapa jauh peranan STEM dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan 4C pada abad 21. Kajian ini dilakukan dengan dua cara, yaitu mengkaji litelatur tentang STEM dan Keterampilan 4C dan jurnal penelitian tentang pembelajaran STEM untuk meningkatkan keterampilan 4C. Hasil kajian diperoleh beberapa informasi, antara lain 1) STEM adalah sebuah pendekatan pembelajaran dimana materi yang dipelajari dikaitkan dari segi kajian ilmiah, teknologi, desain, dan matematika, 2) Keterampilan 4C adalah keterampilan yang dilihat dari empat kemampuan, yaitu kreatif, kritis, komunikasi, dan kolaborasi dimana keempat kemampuan tersebut merupakan kemampuan yang diperlukan untuk beradaptasi dan siap menghadapi tantangan dunia kerja pada abad 21, 3) Pendekatan STEM menjadi sebuah jembatan bagi peserta didik dalam pembelajaran untuk menumbuhkembangkan keterampilan 4C.