Dimensi Aksiologis Pendidikan Islam

Authors

  • Nor Holis STAI Al-Mujtama' Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.170

Abstract

Pendidikan Islam saat ini mengalami krisis nilai (aksiologi), baik meliputi benar dan salah atau baik dan buruk tentang cara atau proses dan tujuan dari pendidikan islam itu sendiri. Maka dari itu sangat penting sekali penanaman nilai (aksiologi) dalam proses pendidikan islam agar cara atau proses dan tujuan dari pendidikan berorientasi pada nilai-nilai keislaman yang bersumber dari al-Quran dan al-Hadis. Artikel ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan jenis pendekatan library research. Karena jenis pendekatan library research sendiri adalah kegiatan yang mendeskripsikan tentang permasalahan yang dikaji. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa dalam proses dan tujuan pendidikan Islam orientasinya pada penanaman nilai sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah, tidak benar jika di dalam pendidikan Islam tujuan orientasinya hanya duniawi yang tidak mempunyai nilai di dalamnya.

Kata kunci: aksiologi (nilai), pendidikan, Islam.

Downloads

Published

2023-07-29

How to Cite

Nor Holis. (2023). Dimensi Aksiologis Pendidikan Islam. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2), 1(2), 288–299. https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.170

Issue

Section

Articles