Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran IPA

Authors

  • Febriarsita Eka Sasmita Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Rendra Sakbana Kusuma STKIP PGRI Bangkalan
  • Sunanto Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.173

Keywords:

Berpikir Kritis; Inkuiri Terbimbing; IPA

Abstract

Sangat penting bagi siswa sekolah dasar untuk mempelajari kemampuan berpikir kritis, yang merupakan salah satu kemampuan tingkat tinggi yang perlu dilatih. Mencari cara untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran kelas masih jarang dan sulit bagi guru. Hal ini menyulitkan siswa untuk membangun keterampilan berpikir kritis.Model pembelajaran inkuiri merupakan salah satu model yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Model ini menumbuhkan kemampuan tingkat tinggi dengan memberikan pembelajaran dengan mencari tahu sebagai langkah utama yang dapat membuat siswa memecahkan masalah pada topik tertentu serta pengaturan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menetapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimental. Sesuai dengan hasil tes kemampuan berpikir kritis yang siswa dapatkan sendiri sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing, terdapat sebanyak 16 siswa kategori sedang dan persentase 42%, serta terdapat 22 siswa kategori tinggi dan persentase 58%. Menurut temuan ini, dapat dikatakan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing benar-benar membantu dalam pertumbuhan siswa dengan memungkinkan mereka untuk menerapkan dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis mereka.

Downloads

Published

2023-07-28

How to Cite

Sasmita, F. E., Kusuma, R. S., & Sunanto. (2023). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran IPA. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2), 1(2), 238–251. https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.173

Issue

Section

Articles