Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di SMPN 3 Woja
DOI:
https://doi.org/10.54832/jupe2.v2i1.227Keywords:
Media Audio Visual, Prestasi BelajarAbstract
Pendidikan harus dilaksanakan secara optimal sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan bangsa. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan ilmu yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Tapi kenyataan menunjukkan bahwa pembelajaran IPS belum meningkatkan prestasi belajar siswa sebagaimana yang diharapkan. Dalam pembelajaran IPS, guru masih menggunakan metode ceramah/konvensional, pada saat proses pembelajaran. Guru masih kurang kreatif dan inovatif untuk mengembangkan teknik pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi sedangkan teknik pengumpulan datanya yaitu teknik tes dan teknik observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan skor rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 8,5 dengan kategori “cukup aktif” dan pada siklus II meningkat menjadi 13 dengan kategori “aktif”. Skor rata-rata aktivitas guru siklus I yaitu 10,5 dengan kategori “baik” dan pada siklus II meningkaat menjadi yaitu 15 dengan kategori “sangar baik”. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 62% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik pembelajaran Media Audio Visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII-A di SMPN 3 Woja.