Pentingnya Menggali Karakteristik dan Klasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Secara Mental Emosional dan Akademik

Authors

  • Opi Andriani Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Fajar Alkhairi Ramadhan Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Fadhlan Ramadhan Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Putri Wulandari Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.54832/jupe2.v2i1.245

Keywords:

Karakteristik; Klasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus; Mental Emosional; Akademik

Abstract

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang menyandang disabilitas atau cacat fisik, mental, intelektual, sosial atau emosi, seperti: anak autis atau keterbelakangan mental, tunarungu, anak kesulitan belajar, dan gangguan konsentrasi pada anak serta anak berbakat yang dapat menimbulkan dampak yang sangat berarti terhadap proses tumbuh kembangnya dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Dimana penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya mengenal ciri-ciri dan klasifikasi anak berkebutuhan khusus secara mental, emosional dan akademis. Dalam berbagai aspek seperti dalam bidang akademik mampu mengikuti pembelajaran dengan baik, dalam bidang sosial anak mampu bersosialisasi dengan masyarakat dan dalam bidang emosi anak dapat menyalurkan emosinya pada hal-hal yang positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai permasalahan yang dihadapi oleh orang tua sendiri, seperti kurangnya pengetahuan tentang ciri-ciri dan klasifikasi anak berkebutuhan khusus secara mental, emosional dan akademis.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Opi Andriani, Ramadhan, F. A., Ramadhan, F., & Wulandari, P. (2023). Pentingnya Menggali Karakteristik dan Klasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Secara Mental Emosional dan Akademik. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2), 2(1), 96–110. https://doi.org/10.54832/jupe2.v2i1.245