The Role of Teacher Professionalism on the Development of Children’s Critical Thinking

Authors

  • Asnal Mala Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Deviana Putri Ari Sandy Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.54832/jupe2.v2i1.256

Keywords:

Berfikir Kritis; Guru Profesional;, Stimulasi Perkembangan

Abstract

Kemampuan berfikir kritis adalah aspek penting dalam pertumbuhan intelektual anak. Artikel ini membahas peranan guru yang profesional dalam merangsang perkembangan kemahiran ini. Berfikir secara kritis melibatkan kemampuan anak untuk menilai, menganalisis, dan merumuskan pemikiran secara kritis terhadap informasi yang diperoleh. Guru yang profesional memiliki keterampilan untuk mencipta lingkungan pembelajaran yang merangsang perkembangan kemahiran ini dengan menggunakan beragam strategi pengajaran. Pendekatan yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka (Library Reseach). Pembahasan artikel ini menyoroti bagaimana guru dapat memfasilitasi kemahiran berfikir kritis anak melalui interaksi di dalam kelas, penggunaan pertanyaan yang mendalam, dan penggunaan materi pembelajaran yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan guru yang profesional sangat penting dalam membentuk kemahiran berfikir kritis anak. Lingkungan salah satu pendukung  guru untuk mendorong perkembangan berfikir kritis anak, sehingga  dapat menjadi individu yang lebih analitis, kritis, dan mampu berfikir secara mandiri.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Mala, A., & Sandy, D. P. A. (2023). The Role of Teacher Professionalism on the Development of Children’s Critical Thinking. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2), 2(1), 111–132. https://doi.org/10.54832/jupe2.v2i1.256