Transformational Journey: Islamic Education in the Perspective of Imam Al-Ghazali
DOI:
https://doi.org/10.54832/jupe2.v2i1.257Keywords:
Imam Al-Ghazali; Pendidikan Islam, TransformasiAbstract
Pemikiran Imam Al-Ghazali tentang pendidikan Islam mengedepankan nilai-nilai agama, menjadikan pendidikan sebagai sarana penting dalam mentransformasikan prinsip-prinsip keagamaan. Konsepnya yang lebih cenderung empiris menekankan peran besar pendidikan dalam membentuk individu. Pendekatan yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka (Library Reseach) dengan analisis mendalam terhadap tahap-tahap perubahan dan evolusi, menggunakan pendekatan yang berfokus pada dokumentasi historis dan penelusuran literatur. Hasil penelitian ini memberikan gambaran yang jelas tentang implikasi dan konsekuensi dari evolusi tentang perjalanan transformasi yang relevan dengan kerangka waktu dan ruang tertentu, menggambarkan secara rinci perubahan yang terjadi serta dampaknya pada aspek yang diteliti. Pemikiran pendidikan yang diusung Al-Ghazali memiliki relevansi yang signifikan, terutama dalam konteks pendidikan agama Islam di Indonesia.