Analysis of Grammar Errors in Abstract Writing in the Sinta IV Al Athfal Journal: Scientific Journal of Early Childhood Education

Authors

  • Nurnalisa STKIP Kumala Lampung Metro
  • Cici Fika Oktaviani STKIP Kumala Lampung Metro

DOI:

https://doi.org/10.54832/jupe2.v2i2.282

Keywords:

Abstract; Error Analysis; Surface Strategy Taxonomy

Abstract

grammar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak bentuk kesalahan grammar dan mendeskripsikan bentuk kesalahan grammar dalam penulisan abstrak pada Sinta IV Jurnal Al-Althfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini dengan menggunakan Surface Strategy Taxonomy milik Dulay, Burt dan Keashen (1982) dan menggunakan alat bantu Google Doc. Terdapat 15 sampel yang diambil melalui teknik Simple Random Sampling.  Deskriptif kualitatif adalah pendekatan yang peneliti gunakan dengan metode Studi Literature. Teknik pengambilan data yang digunakan ialah Studi Dokumen karena data penelitian ini bersifat sekunder dan berasal dari jurnal milik Al-Athfaal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kesalahan pada Omission, Addition, Misordering dan Misformation dengan total keseluruhan sebanyak 45 kesalahan pada grammar. Kesalahan yang paling banyak ialah pada misformation yaitu sebanyak 35 dengan persentase 69%, omission sebanyak 14 dengan persentase 27%, addition sebanyak 1 dengan persentase 2% dan misordering sebanyak 1 dengan persentase 2%.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Nurnalisa, & Oktaviani , C. F. (2024). Analysis of Grammar Errors in Abstract Writing in the Sinta IV Al Athfal Journal: Scientific Journal of Early Childhood Education. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2), 2(2), 242–254. https://doi.org/10.54832/jupe2.v2i2.282

Issue

Section

Articles