Persepsi Mahasiswa Mengenai Metode Tanya Jawab dan Keaktifan di Kelas

Authors

  • Paskalina Widiastuti Ratnaningsih Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.54832/jupe2.v2i2.406

Keywords:

keaktifan, mahasiswa, metode, tanya jawab

Abstract

Proses pembelajaran di kelas tidak terlepas dari metode pembelajaran yang digunakan di kelas. Metode pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan pemahaman siswa akan materi yang telah diajarkan. Metode tanya jawab adalah salah satu metode pembelajaran yang digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa melalui jawaban yang diberikan oleh siswa. Dengan menjawab pertanyaan, siswa juga menjadi lebih aktif di kelas saat kegiatan tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan persepsi mahasiswa mengenai metode tanya jawab dan keaktifan mahasiswa di kelas. Penelitian ini menggunakan survei. Responden penelitian adalah mahasiswa di semester 2. Hasil dari penelitian ini adalah keaktifan mahasiswa meningkat dengan kegiatan tanya jawab. Mahasiswa juga menjadi lebih bersemangat dalam belajar, meningkatkan pengetahuan akan materi yang telah diajarkan, dan semakin percaya diri dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberikan, serta pembelajaran lebih interaktif.

Kata Kunci: keaktifan, mahasiswa, métode, tanya jawab

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Ratnaningsih, P. W. (2024). Persepsi Mahasiswa Mengenai Metode Tanya Jawab dan Keaktifan di Kelas. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2), 2(2), 451–458. https://doi.org/10.54832/jupe2.v2i2.406

Issue

Section

Articles