Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPS di SDS Amkur Bengkayang
DOI:
https://doi.org/10.54832/jupe2.v3i1.407Keywords:
Kata kunci: Pendidikan, Model pembelajaran, Hasil belajar, Problem Based Learning (PBL).Abstract
Pendidikan sangat penting bagi setiap orang untuk berkembang secara mandiri, dengan mengembangkan keterampilan pengetahuan, sikap, dan kemampuan lainnya. Tujuan Pendidikan ini yaitu untuk mempersiapkan seseorang agar mampu menyelesaikan masalah kehidupan nyata dalam memajukan masyarakat, hal ini ditingkatkan melalui pembelajaran di sekolah, termasuk pembelajaran IPS yang berkaitan dengan peran manusia di masyarakat. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan adalah Problem Based Learning (PBL) yang memungkinkan siswa dapat memecahkan masalah dunia nyata secara kolaboratif, serta dapat menambah pengalaman baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode eksperimen yang melibatkan kelas kontrol dan kelas eksperimen untuk menganalisis keberhasilan belajar siswa kelas V di SDS Amkur Bengkayang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah pretest kontrol nilai rata-rata 45,93 standar deviasi 14,14 dan pretest kelas eksperimen sebesar 48,33 dengan standar deviasi 15,69. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah posttest kelas kontrol 70,34 dengan standar deviasi sebesar 13,94 dan posttest eksperimen 80,23 dengan standar deviasi sebesar 8,26. Besarnya harga effect size adalah 0,71 hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil pembelajaran IPS.