Perbandingan Efektivitas Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 2 Dompu

Authors

  • Sulaiman STKIP Yapis Dompu
  • Sumiyati STKIP Yapis Dompu
  • Putri Julita STKIP Yapis Dompu
  • Sakila Putri STKIP Yapis Dompu

DOI:

https://doi.org/10.54832/jupe2.v3i1.509

Keywords:

Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka, Sejarah.

Abstract

2013 dan kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran sejarah. Sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil dokumentasi tertulis (seperti catatan hasil observasi dan wawancara) dan dengan cara foto, dan rekaman suara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui pengumpulan data, dan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui uji kredibilitas dan triangulasi. sedangkan hasil wawancara kepada guru mapel pendidikan sejarah kelas X dan XI, bahwa dengan hadirnya Kurikulum Merdeka ini sangat memudahkan kegiatan proses pembelajaran karena, dengan kurikulum merdeka belajar tidak cuma anak Didik yang diberikan kebebasan dalam meningkatkan kemampuan, namun pula memberikan kebebasan kepada guru untuk merancang pendidikan, serta rencana implementasinya. Siswa diberikan kebebasan dalam memilih minat belajar mereka serta mengurangi beban akademik dan mendorong kreativitas guru.

Downloads

Published

2025-01-04

How to Cite

Sulaiman, Sumiyati, Putri Julita, & Sakila Putri. (2025). Perbandingan Efektivitas Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 2 Dompu. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2), 3(1), 62–78. https://doi.org/10.54832/jupe2.v3i1.509

Issue

Section

Articles