Pengalaman Siswa dalam Menghadapi Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris: Pendekatan Kualitatif

Authors

  • Nur Wahyuni STKIP Yapis Dompu
  • Indah Afrianti
  • Fadlurrahman
  • Afrizal
  • Isratul Aini

DOI:

https://doi.org/10.54832/jupe2.v3i1.568

Keywords:

Pengalaman siswa 1, lingkungan belajar 2, kemampuan berbicara 3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali pengalaman siswa dalam menghadapi pengaruh lingkungan belajar terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris. Lingkungan belajar yang mendukung diyakini dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, namun bagaimana pengalaman siswa dalam lingkungan tersebut masih belum banyak dieksplorasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melalui wawancara mendalam dan observasi pada sejumlah siswa dari berbagai latar belakang sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar dalam lingkungan yang mendukung cenderung merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk berbicara dalam Bahasa Inggris, sementara siswa yang berada dalam lingkungan yang kurang mendukung menghadapi tantangan lebih besar dalam meningkatkan keterampilan berbicara mereka.

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Nur Wahyuni, Indah Afrianti, Fadlurrahman, Afrizal, & Isratul Aini. (2025). Pengalaman Siswa dalam Menghadapi Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris: Pendekatan Kualitatif. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2), 3(1), 150–161. https://doi.org/10.54832/jupe2.v3i1.568