Pengalaman Siswa dalam Menghadapi Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris: Pendekatan Kualitatif
DOI:
https://doi.org/10.54832/jupe2.v3i1.568Keywords:
Pengalaman siswa 1, lingkungan belajar 2, kemampuan berbicara 3Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali pengalaman siswa dalam menghadapi pengaruh lingkungan belajar terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris. Lingkungan belajar yang mendukung diyakini dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, namun bagaimana pengalaman siswa dalam lingkungan tersebut masih belum banyak dieksplorasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melalui wawancara mendalam dan observasi pada sejumlah siswa dari berbagai latar belakang sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar dalam lingkungan yang mendukung cenderung merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk berbicara dalam Bahasa Inggris, sementara siswa yang berada dalam lingkungan yang kurang mendukung menghadapi tantangan lebih besar dalam meningkatkan keterampilan berbicara mereka.