Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa di SDIT Attaqwa NF Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.54832/jupe2.v3i2.580Keywords:
Keteladanan, Pembentukan Karakter, Pendidikan Karakter, Peran Guru, SDIT Attaqwa NF Bekasi, Siswa SDITAbstract
Pendidikan karakter menjadi aspek fundamental dalam membangun generasi yang memiliki nilai moral dan etika yang tinggi. Guru memiliki peran strategis dalam membentuk karakter siswa melalui pendekatan pendidikan yang terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam membentuk karakter siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) ATTAQWA NF BEKASI. Karakter merupakan fondasi penting dalam pembentukan generasi bangsa yang berkualitas (Lickona, 1991). Guru, sebagai figur sentral di sekolah, memiliki peran signifikan dalam menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa (Megawangi, 2018). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan kepala sekolah, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SDIT ATTAQWA NF BEKASI berperan aktif dalam membentuk karakter siswa melalui berbagai strategi seperti menjadi teladan, mengintegrasikan nilai karakter dalam pembelajaran, memberikan penguatan positif, menciptakan lingkungan kelas yang kondusif, serta menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru sangat krusial dalam membentuk karakter siswa di SDIT ATTAQWA NF BEKASI dan merekomendasikan perlunya dukungan berkelanjutan bagi guru untuk meningkatkan efektivitas peran mereka dalam pendidikan karakter.
Kata Kunci: Keteladanan, Pembentukan Karakter, Pendidikan Karakter, Peran Guru, SDIT Attaqwa NF Bekasi, Siswa SDIT