Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Pendidikan Komprehensif

Authors

  • Siti Nur Afifatul Hikmah Institut Agama Islam Darussalam

DOI:

https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i1.89

Abstract

Guru adalah ujung tombak sistem pendidikan. Secara umum, perhatian utama dan terkonsentrasi harus diberikan kepada guru. Oleh karena itu, tanpa dukungan guru yang profesional dan berkualitas, perbaikan apapun yang ditujukan untuk peningkatan mutu pendidikan tidak akan memberikan dampak yang berarti. Peneliti memfokuskan pada masalah pengembangan kemampuan profesional guru dalam administrasi pendidikan secara komprehensif dan produktivitas aktivitas guru dalam administrasi pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian fenomenologi. Peneliti menggunakan paradigma fenomenologis konstruktivis dan mempertimbangkan interpretasi berdasarkan latar belakang peneliti serta pengalaman pribadi, budaya dan sejarah. Observasi dan wawancara dengan beberapa guru digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan analisis data dengan meringkas data, (b) menampilkan data, dan (c) menarik kesimpulan dan memverifikasinya. Sebaliknya, bentuk pengembangan keterampilan profesional guru untuk manajemen pendidikan yang komprehensif didasarkan pada pelatihan, pembinaan, basis pengetahuan yang kuat dan penguasaan nasihat profesional. Selain itu, dalam manajemen pendidikan yang komprehensif, produktivitas kerja guru meliputi kemampuan intelektual, rasa percaya diri, semangat atau semangat, orientasi hasil, rasa percaya diri dan kemampuan intelektual.

Downloads

Published

2023-01-23

How to Cite

Hikmah, S. N. A. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Pendidikan Komprehensif. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i1.89