Potret Kondisi Sekolah Daerah Terpencil di Dusun Bandealit Desa Andongrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember

Authors

  • Maria Ulfa Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i1.90

Keywords:

akses pendidikan, daerah terpencil, sekolah

Abstract

Kondisi dari kualitas sumber daya manusia itu sendiri dicetak dari proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fenomena kondisi pendidikan di daerah terpencil di Kabupaten Jember yang jauh dari sudut keramaian kota dan pemerintahan. Metode penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus dengan mengumpulkan sumber data secara primer maupun sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi serta studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya kondisi pendidikan di daerah terpencil Dusun Bandealit memiliki akses pendidikan berupa aksesibilitas jalan yang sulit dilalui, sarana-prasarana pendidikan yang kurang lengkap dan ada juga mengalami kerusakan, serta bantuan pemerintah terkait beasiswa pendidikan tidak merata di wilayah ini. Oleh karena itu, pemerintah diharapkan bisa segera mengentaskan problematika pendidikan di daerah terpencil ini untuk mengatasi putus sekolah dan memperbaiki mutu pendidikan hingga akhirnya melahirkan generasi muda yang unggul.

Downloads

Published

2023-01-23

How to Cite

Ulfa, M. (2023). Potret Kondisi Sekolah Daerah Terpencil di Dusun Bandealit Desa Andongrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2), 1(1), 11–26. https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i1.90